Lagu O Ina Ni Keke Berasal Dari Daerah Mana? Simak Lirik, Arti, Makna, dan Keunikannya!

Lagu O Ina Ni Keke berasal dari daerah
Lagu O Ina Ni Keke berasal dari daerah

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, Lagu O Ina Ni Keke berasal dari daerah mana? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar beserta penjelasannya. 

Pernyataan tentang lagu O Ina Ni Keke berasal dari daerah Brainly memang sering muncul di ulangan harian dan tengah semester. 

Karena itulah, Jafarull sangat tertarik membahas tentang lagu O Ina Ni Keke secara mendalam. 

Dalam artikel ini, Jafarull akan menyajikan lirik, arti, makna dan keunikan dari lagu lagu O Ina Ni Keke. Oleh sebab itu, simak artikel ini hingga selesai.

Lagu O Ina Ni Keke Berasal Dari Daerah

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, lagu O Ina Ni Keke merupakan sebuah lagu yang berasal dari daerah Sulawesi Utara

Pencipta lagu O Ina Ni Keke yakni seorang komposer karawitan Jawa pada era 1950 hingga tahun 1970 bernama R. C. Hardjosubroto.

Fungsi lagu O Ina ni Keke yakni untuk menunjukkan rasa kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. 

Namun sayangnya sang anak justru menjadi manja kepada ibu. Sehingga tidak ada hubungan yang tulus dari keduanya. 

Lagu O Ina Ni Keke liriknya seperti apa? Bagaimana makanya? Simak pemaparan Jafarull berikut ini. 

Lirik Lagu O Ina Ni Keke Beserta Artinya

Agar kamu tahu tentang lagu dari daerah Sulawesi Utara ini, kamu perlu menyimak lirik dari lagu tersebut. Berikut Jafarull telah menyajikan liriknya di bawah ini. 

O Ina Ni Keke

Mangewisako

Mange aki wenang

Tumeles waleko

Weane weane

Weane toyo

Daimo siapa

Kotare makiwe

Secara umum, Bahasa yang digunakan dalam lirik lagu daerah adalah memakai bahasa daerah masing-masing. 

Lagu lagu O Ina Ni Keke juga demikian, yang memakai bahasa dari daerah Sulawesi Utara. Untuk mengetahui lagu tersebut, kamu bisa menyimak artinya sebagai berikut. 

Oh ibu

Mau ke mana

Mau pergi ke Manado

Membeli kue

Berikan berikan

Berikan sedikit

Sudah tidak ada lagi

Kamu baru minta

Makna Lagu O Ina Ni Keke 

Seperti yang kita tahu, di Indonesia terdapat berbagai daerah dengan bahasa yang berbeda. Bahasa yang beda tentu melahirkan lagu daerah masing-masing. 

Biasanya lagu daerah memiliki nilai-nilai dan makna implisit maupun eksplisit. Lagu daerah tersebut tentu mengisahkan tentang suatu peristiwa tertentu. 

Misalnya saja lagu daerah Sulawesi Utara yang berjudul O Ina Ni Keke. Lagu tersebut memiliki makna yang cukup menyentuh. 

Jadi, lagu O Ina Ni Keke mengisahkan tentang kasih sayang seorang ibu yang ditujukkan terhadap anaknya. 

Hanya saja, si anak justru menjadi manja terhadap ibunya. Pada akhirnya, hubungan ibu dan anak tidak ada timbal balik yang tulus.

Keunikan Lagu O Ina Ni Keke

Lagu daerah tentu memiliki keunikan masing-masing. Lantas apa saja keunikan dari lagu daerah Sulawesi Utara tersebut? 

Keunikan pertama yakni Lagu ina ni keke menggunakan bahasa daerah setempat. Sehingga lebih memperkaya kosa kata dan budaya lebih kental. 

Selain itu, lagu tersebut juga mengisahkan cerita yang menyentuh. Karena bercerita tentang kisah sayang seorang ibu dengan anaknya. 

Tak hanya itu, dari segi liriknya, lagu O Ina Ni Keke memiliki lirik yang cukup pendek tetapi maknanya begitu dalam. Sehingga cukup menyentuh hati. 

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu Lagu O Ina Ni Keke berasal dari daerah mana? Kamu juga tahu lirik, arti, dan makna dari lagu tersebut. Semoga informasi dari Jafarull kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url