Ovarium adalah Tempat Terjadinya Pematangan Ovum, Begini Penjelasannya!

Ovarium adalah tempat terjadinya
Ovarium adalah tempat terjadinya

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, Ovarium adalah tempat terjadinya apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar secara lengkap.

Dalam pelajaran IPA Biologi, seringkali banyak soal tentang Ovarium adalah tempat terjadinya a fertilisasi b. implantasi c. pematangan ovum D perkembangan bayi. 

Oleh karena itu, Jafarull tertarik untuk membahas soal Ovarium adalah tempat terjadinya pematangan ovum

Jafarull akan kupas secara mendalam beserta penjelasannya. Sehingga kamu bisa memahami materi ini. 

Ovarium adalah Tempat Terjadinya Pematangan Ovum 

Seperti yang kita tahu, Ovarium merupakan salah satu organ reproduksi yang ada pada wanita. 

Umumnya fungsi ovarium yaitu menghasilkan sel telur (ovum) melalui proses oogenesis dan memproduksi hormon. Adapun hormon yang dihasilkan yakni estrogen dan progesteron.

Bentuk dari ovarium menyerupai buah kenari dengan panjang kurang lebih 3 sentimeter, lebar 1,5 sentimeter dan tebal 1 sentimeter.

Ketika seorang wanita belum memasuki masa pubertas, ovarium hanyalah kumpulan jaringan. Ovarium menempel ke rahim dengan ligamen.

Fungsi Ovarium

Tercatat, ada beberapa fungsi dari ovarium. Berikut Jafarull telah merangkum fungsi tersebut antara lain. 

1. Melepaskan Ovum 

Pertama, fungsi dari ovarium yakni untuk menghasilkan ovum atau sel telur. Ovarium akan melepaskan sel telur ke dalam tuba untuk dibuahi oleh sperma. Proses ini dinamakan ovulasi.

2. Menghasilkan Hormon 

Fungsi ovarium yang berikutnya yakni untuk menghasilkan hormon. Ketika proses ovulasi terjadi, maka folikel tempat telur akan berubah jadi korpus luteum. 

Korpus luteum merupakan organ yang memproduksi hormon progesteron dan estrogen yang berguna untuk mempersiapkan rahim untuk tempat implantasi embrio. Cara kerja hormon ini yaitu dengan membuat dinding rahim menebal.

Tercatat, ada tiga macam hormon estrogen yang diproduksi di ovarium, antara lain estrone, estradiol, dan estriol. 

Hormon-hormon ini sangat berguna untuk membentuk tubuh wanita. Misalnya saja seperti bagian dada dan pinggul yang membesar.

Nah ketika tidak ada sperma yang membuahi sel telur, korpus luteum akan berhenti memproduksi hormon progesteron. Hal ini berlangsung kurang lebih 9 hari setelah proses ovulasi terjadi.

3. Melindungi Sel Telur

Terakhir, fungsi dari ovarium yaitu sebagai tempat perlindungan sel telur. Sebenarnya sel telur pada wanita telah terbentuk sejak ia dilahirkan.

Wanita memiliki 150.000 hingga 500.000 folikel di dalam ovariumnya. Nantinya ovarium akan menjaganya sampai telur siap digunakan setelah wanita mengalami pubertas.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu ovarium adalah tempat terjadinya apa? Kamu juga tahu fungsi dari ovarium. Semoga informasi dari Jafarull ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url