Proses Meluruhnya Sel-sel Epitel yang Menyusun Dinding Rahim Disebut?

proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim disebut
proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim disebut

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim disebut apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu tahu jawabannya. 

Soal tentang proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim memang sering keluar dalam ulangan harian maupun tengah semester. 

Karena itu, Jafarull akan membahas soal tersebut secara lengkap. Sehingga nantinya kamu dapat memahami soal tersebut beserta penjelasannya. 

Proses Meluruhnya Sel-sel Epitel yang Menyusun Dinding Rahim Disebut?

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, Proses meluruhnya sel-sel epitel penyusun dinding rahim adalah Menstruasi atau Haid

Menstruasi ini dialami oleh seorang wanita yang menginjak masa pubertas. Ketika sudah mulai dewasa, seorang wanita akan mengalami menstruasi. 

Secara umum, menstruasi dialami oleh seseorang dalam satu periode tertentu. Jadi periode masa menstruasi antara satu perempuan dengan perempuan lain bisa berbeda-beda. Terganggu dari kondisi tubuhnya.

Agar kamu semakin mengetahui tentang materi ini, Jafarull akan Jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan sebagai berikut. 

Proses Terjadinya Menstruasi 

Menurut penelusuran yang Jafarull lakukan, menstruasi terjadi karena turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut akan menurun secara drastis apabila tidak terjadi kehamilan. 

Ketika kedua hormon ini menurun, maka akan menyebabkan luruhnya endometrium dan disertai perdarahan yang normal.

Umumnya, siklus normal menstruasi terjadi antara 21 hingga 35 hari. Namun, kebanyakan siklus menstruasi terjadi selama 28 hari. 

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita akan mempengaruhinya secara fisiologis. Proses ini akan terus berlangsung hingga wanita mengalami menopause.

Oleh sebab itulah, jika seorang wanita tengah menstruasi, maka ia akan lebih sensitif dan gampang marah. 

Karenanya, kamu harus lebih bijak saat berurusan dengan wanita yang sedang menstruasi.

Hormon yang berperan dalam proses menstruasi

Tercatat, ada beberapa hormon yang berperan dalam proses terjadinya menstruasi. Berikut Jafarull telah merangkum hormon tersebut antara lain:

  • Gonadotropin-releasing hormone (GnRH): merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis. Fungsi dari hormon ini yaitu untuk memicu sintesis hormon FSH dan LH.
  • Follicle-stimulating hormone (FSH): merupakan hormon glikoprotein yang memiliki fungsi untuk pematangan folikel selama fase folikuler.
  • Luteinizing-hormone (LH): merupakan hormon yang berperan dalam ovulasi
  • Progesteron: merupakan sebuah hormon yang dihasilkan oleh korpus luteum setelah terjadinya ovulasi. Fungsi dari hormon progesteron yaitu untuk mempengaruhi pertumbuhan kelenjar endometrium dan mendukung kehamilan.
  • Estrogen: merupakan sebuah hormon yang berperan dalam mempengaruhi pertumbuhan endometrium.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim disebut apa? Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url