Syarat Berfikir Logis Adalah? Simak Jawaban dan Contohnya!

syarat berfikir logis adalah
syarat berfikir logis adalah

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, syarat berfikir logis adalah apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar beserta penjelasannya.

Belakangan ini banyak sekali soal tentang syarat berfikir logis adalah a sesuai Nurani b. Bermental Sosial c. Pandai d serius E. masuk akal. 

Oleh sebab itu, Jafarull tertarik untuk membahas soal 6. syarat berfikir logis adalah. Karena soal ini memiliki bobot yang cukup besar di ulangan semester. 

Oleh sebab itu, dalam artikel ini Jafarull akan sampaikan Pengertian berpikir logis dan Contohnya secara lengkap. Jadi, simak ulasan Jafarull hingga selesai. 

Syarat Berfikir Logis Adalah

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, ternyata syarat berpikir logis adalah harus masuk akal, berdasarkan pada kenyataan, dan memberikan alasan dengan tepat. 

Apa yang dimaksud dengan berpikir logis? Berdasarkan informasi yang Jafarull dapatkan, berpikir logis adalah kemampuan seseorang menghasilkan kesimpulan berdasarkan aturan logika dan kesimpulan tersebut dapat membuktikan dengan benar (valid) sesuai dengan pengetahuan-pengetahuan sebelumnya yang telah diketahui. 

Secara gampangnya, berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika disebut dengan berpikir logis. Intinya berpikir logis harus masuk akan dan sesuai dengan fakta dan data yang ada. 

Seseorang membutuhkan kemahiran berfikir logis agar menghasilkan kesimpulan dan keputusan secara tepat dan benar. Sehingga bisa menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Manfaat Berpikir Logis

Dalam kehidupan ini, kita perlu menerapkan berpikir logis untuk menghadapi masalah. Ada beberapa manfaat dari berpikir logis. Berikut Jafarull telah merangkum manfaatnya antara lain.

  • Dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif. 
  • Pola pikir jadi lebih berkembang. 
  • Berpikir lebih rasional, kritis, dan koheren. 
  • Menambah kecerdasan.
  • Dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri. 
  • Meminimalisir adanya kekeliruan. 
  • Memungkinkan suatu ide atau pendapat bisa lebih diterima. 

Contoh Berpikir Logis dan Tidak Logis

Agar kamu lebih memahami tentang berpikir logis, maka kamu perlu menyimak contohnya secara langsung. Jafarull juga akan membandingkan contoh versi berpikir tidak logis. 

Contoh Berpikir Logis

  1. Hujan turun karena adanya penguapan di awan ke atmosfer. 
  2. Sepeda motor bisa bergerak karena ada energi dari perputaran mesin.
  3. Ibu guru terlambat masuk kelas karena ada rapat di kantor. 
  4. Manusia yang telah dikubur, akan jadi tulang belulang. 

Contoh Berpikir Tidak Logis

  1. Hujan turun karena langit sedang sedih / menangis. 
  2. Sepeda motor dapat bergerak karena sihir. 
  3. Ibu guru terlambat masuk kelas karena malas ke kelas siswa. 
  4. Manusia mati yang telah dikubur akan jadi hantu.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu syarat berfikir logis adalah apa. Kamu juga tahu manfaat dan contohnya. Semoga informasi dari Jafarull ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url